Selamat

Selasa, 20 Desember 2011

Manfaat Ketawa Bagi Kesehatan Tubuh


Kadang kita tidak menyadari sesuatu hal itu dapat sangat bermamfaat bagi tubuh kita misalnya terttawa.Tertawa merupakan kunci untuk mendapatkan hidup yang bahagia serta fisik yang kuat. Tidak hanya itu, tertawa juga mempu meningkatkan kesehatan jantung Anda.
Kita seringkali melihat ketawa itu merupakan suatu hal yang tidak baik, bahkan tradisi kita melarang kita tertawa dengan terbahak-bahak atau kelihatan gigi, apalagi bagi kaum perempuan. Padahal pada saat kita tertawa diafragma, abdomen, saluran pernafasan, muka, kaki dan bagian belakang badan secara tidak langsung ‘digerakkan’ serentak untuk bekerja. Pergerakan ini yang dianggap senam untuk bagian tengah badan sebenarnya turut membakar kalori.
Menurut penelitian yang pernah dilakukan bahwa tertawa sebanyak 100 kali mempunyai manfaat sama dengan bersenam 10 hingga 15 menit. Ketawa membantu merangsang proses pemulihan dengan merendahkan tekanan darah dan melancarkan aliran darah
Seperti yang dikutip dari everydayhealth, manfaat tertawa sangatlah banyak dan hampir semuanya berpengaruh positif terhadap kesehatan tubuh dan emosional. Berikut adalah manfaat tertawa menurut para pakar.
1. Manfaat untuk kesehatan mental
Sebuah studi mengatakan bahwa manfaat dari rasa humor dan tertawa yaitu mempu meminimalisir pikiran negatif dalam kehidupan yang menyebabkan depresi. Tidak hanya itu, tertawa dapat mengurangi rasa kesepian dan membuat seseorang berpikir lebih positif terhadap diri mereka sendiri.
2. Manfaat untuk kesehatan fisik
Seperti yang sudah diberitakan pada (artikel sebelumnya mengenai lima manfaat tertawa), orang yang tertawa cenderung berada dalam kondisi fisik yang baik dan sehat. Tertawa juga merupakan salah satu terapi pelengkap yang digunakan untuk pasien pengidap kanker. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa manfaat dari tertawa adalah adanya peningkatan kualitas hidup.
3. Manfaat untuk kesehatan jantung
Tertawa ternyata dapat meningkatkan kesehatan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketika Anda tertawa, ada peningkatan aliran darah yang kaya akan oksigen ke dalam tubuh. Hal ini dikarenakan adanya pelepasan endorfin, yang membuat perasaan negatif dan stres menghilang. Anda bisa membantu menyehatkan jantung dengan melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan endorfin seperti,
mendengarkan musik yang disukai, olahraga dan juga tertawa.

Sumber : Jurus Sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar